Contoh Cerpen



 Hyung Kodok
By: MR
Kyu adalah siswa kelas XI IPA 2 yang sekolah di SMA Nusa Bangsa Jakarta Selatan. Dia terkenal akan kejahilanya dan kepandaianya dalam pelajaran hitung-hitungan apalagi MTK dia sangat jenius, tapi sayang kejeniusanya tidak sebanding dengan kejahilanya. Kyu mempunyai 2 sahabat yaitu Yesang teman sebangkuhnya Kyu, dan Lee siswa kelas XI IPS 2. Bel istirahatpun berbunyi Kyu and best Friendsnya selalu berkumpul di kantin bertanya kabar dan bercakap-cakap di kantin.
Lee      : ” Hai bro........ disini Bro duduk sini ajah.”
Yesang:” ohh..... ya Bro. Kyu itu Lee ayo kita kesana... dia sudah menunggu kita tuhh...,”
Kyu      :” oke ayo kita ke Lee GPL.,”
Lee      :” hai Bro gmana kabarnya hari ini???
Yesang:” gua baik-baik aja donkk pastinya.. tp, nh Kyu parah bangett hari ini....!!!!”
Kyu      :” enak ajah gua parah. Parah kenapa nilai gua ajah bagus-bagus ketimbang loe     apalagi nilai            MTK gua.... wkwkwkwk.”
Yesang:” ia nilai loe emang baik-baik ajah malahan tambah bagus nilai loe tapi  kejahilan loe itu juga makin bertambah. Parah banget loe tadi... huuuuh wkwkwk
Lee      :” parah knapa?? Emang loe ngapain tadi????”
Kyu     :” gua nggax ngapa-ngapain. Gua cuman memberikan dimas surprize dia kan ultah hari ini......”
Lee      :” emang surprize loe apaan...??
Kyu     :” emm ya gua cuman naruh cicak hidup di tasnya dia doank.. ehh ternyata cicak itu         masuk ke dalam baju nya Dimas ya udah dia langsung buka baju sambil lari      terbirit-birit... hehehe lucu banget tau...”
Yesang:” lucu si lucu emang, loe jahil banget Kyu udah tahu si Dimas pobia banget sama   cicak eehh loe kasih cicak hidup,... udah gitu cicaknya pakai masuk kedalam baju     Dimas lagii....”
Lee      :” hahaha yang bener loe Kyu pasti tadi seru bngat sayang gua nggak menyaksikanya        secara live..... denger cerita loe berdua aja gua udah ketawa...emang loe Kyu jahil   banget hampir setiap hari loe ngerjain temen-temen loe.... hahahaha”
            Bel masukpun berbunyi Kyu and best friend nya pun masuk ke kelas masing-masing menyudahi perbincangan mereka. Di hari berikutnya saat pelajaran MTk di kelas XI Ipa 2 ada murid baru pindahan dari Bogor yang bernama Tiffani.
Pak Kang :” Anak-anak kalian kedatangan murid baru ini namanya Tiffani untuk lebih                    jelasnya lagi, ayo Tiffani perkenalkan dirimu”.
Tiffani    :” Hai teman-teman perkenalkan nama saya Tiffani Nirautama Kalian bisa memanggil saya Tiffani sesuai dengan nama Saya. Saya, pindahan dari Bogor salam kenal teman-teman.......!!!” ^_^
Pak Kang :” Baik Tiffani silakan kamu duduk disebelah Jessica...........”
Tiffani    :” Trimakasih Pak...”
                 Tiffani pun duduk disebelah Jessica tepatnya di tempat duduk nomor dua dari depan persis di sebelah Kyu. Sebenarnya Tiffani tidak asing dengan Kyu, Kyu mengingatkan dirinya tentang teman masa lalunya di sini. Teman yang membuatnya rela kembali ke sini teman yang selalu dia panggil dengan “ Hyung Kodok” karena, sifatnya yang jail namun cerdas seperti sifat Kodok yang sedang kabur dari tangkapan orang. Bel istirahatpun berbunyi seperti biasa 3 Serangkai selalau kumpul di kantin. Namun tidak dengan Tiffani meskipun bel istirahat tetapi, Tiffani masih ada dikelas. Maklum karena Tiffani murid baru dia masih harus menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Melihat Tiffani duduk sendirian Jessica pun menghampiri Tiffani.
Jessica    :” Eh Tiffani ayo kita kekantin masa istirahat dihabisin dengan  duduk didalam             kelas... Ayo donk jangan malu-malu Loe kan udah jadi murid disini jadi, Loe bukan orang asing.. disini.........”
Tiffani    :” Tapi, Aku malu Jes ntar orang-orang pada ngeliatin Aku, Aku kan murid baru disini...”
Jessica    :” Ayo donk Ani.. kalau loe gak mau berarti Loe nggak mau menjadi temen Gua Loe nggak mau menerima ajakan permintaan pertemanan Gua berarti Kita musuhh..........”
Tiffani    :” Ya udah Aku mau ke kantin jangan marah ya...?????”
            Dengan paksaan Jessica akhirnya Tiffani pun pergi kekantin. Sesampainya dikantin Dia melihat Kyu dengan teman-temanya. Diam-diam Tiffani memerhatikan Kyu dia masih bertanya-tanya siapakah sebenarnya dia mengapa Tiffani seperti kenal dengan Kyu. Dilamunan Tiffani tiba-tiba Jessica mengagetkanya sampai dia berteriak ddengan keras dan membuat orang-orang yang dikantin memandanginya termasuk Kyu.
Jessica    :“ Doooorrr !!!!!!!!!!!”
Tiffani    :”Waaaahhhhhhhhh!!!!!!!!!!!
Jessica    :” Hey Loe lagi ngihatin siapa sih ?? dari tadi gua manggil nama Loe, eh Loe gak nyaut-nyaut gua mau tanya Loe itu mau pesen apa,.. tapi loe nya masih aja memandang ke arah situ ya uadah gua bikin kaget Loe sekalian ??”
Tiffani    :” apaan sih kamu bikin kaget Aku Ajahh.... huuuuuhh tadi Aku malu tau Orang-orang pada ngelihatin Aku...”
Jessica    :” Lagian salah Loe sendiri, kenapa Gua panggil dari tadi ampe suara Gua mau ilang Loe gak nyaut-nyaut. Emang Loe lagi ngelihatin siapa sihh...? emm jangan-jangan Kyu ya..? pandangan Loe kearah Kyu tuhh kelihatan jelas ngaku deh Loe”
Tiffani    :” Eh nggak kok kata siapa?...”
Jessica    :” Kata Gua jangan bohong dehh uda kelihatan jelas.. atau mau Gua panggil si Kyu agar dia kesini kebetulan si Kyu ada disana, Atau Loe mau jujur nyeritain sebenernya ke Gua..?”
 Tiffani   :” Iya-iya Gua ceritain deh. Sebenernya Aku ngerasa kenal sama si Kyu Dia mengingatkanku pada seseorang tapi, entah siapa. makanya Aku dari tadi memerhatiin Dia... jangan salah paham kamu..”      
Jesssica  :” Ohh gitu gua kirain kenapa..”
Tiffani    :” Loe tau sesuatu tentang Kyu gak?”
Jessica    :” emm yang Gua  tau Kyu itu pinter banget MTK, dan soal yang berkaitan dengan hitung-hitungan.. Tapi, sayang dia itu orangnya jail makanya di Kelas Dia mendapat julukam si Evil Magnae. Dia itu selalu mendapat peringkat kelas.. Dia kalau berpergian selalu dengan 2 temanya yaitu Lee& Yeye.. Yeye itu sahabat baik Gua. Karena, Yeye itu masih saudaraan sama Gua.. dan yang Gua tau dari Yeye si Kyu itu dulunya punya sahabat perempuan waktu kecil, dan sahabatnya itu pergi pidah ke Bogor. Dan sejak ditinngal sahabat kecilnya, Kyu waktu kecil menjadi cengeng berbeda dengan Kyu sekarang yang seperti itu.. masa kata Yeye si Kyu sampai sekarang masih keinget sama teman masa kecilnya itu aneh ya.. mungkin karena Kyu pintar ingtanya jadi kuat kaya gitu..”
Tiffani    :” oohh.. “
                 Tidak terasa bel masukpun berbuyi semua siswa masuk kedalam kelas, seperti hanya Kyu and Best friend diikuti dengan Jessica dan Tiffani. Rencananya pulang sekolah Tiffani akan mencari tahu siapa si Kyu apakah Dia adalah “Hyung Kodok” Tiffani waktu kecil. Pelajaran berlangsung seperti biasa di keles XI IPA 2. Terjadi keributan seperti biasa karena si Evil Magnae. Tak terasa bel terakhirpun berbunyi semua siswa siap-siap untuk back to Home. Seperti biasa Kyu and Best Friends nya pulang bersama karena, jalan mereka searah.
Lee      :” Ehh tadi yang berteriak dikantin anak baru ya..? kata temen Gua di kelas, Dia sekelas sama Loe berdua... Pasti Loe udah pernah ngejailin kan Kyu?? Makanan pokok Loe tuh...”
Yesang     :” Hahahaha kali ini Loe salah nebak Lee... si Kyu nggak pernah ngerjain si nak baru itu. Gua aja ampe bingung padahal kan setiap hari ada aja murid yang di jailin sama Kyu. Apa lagi pas ada murid baru atau siswa yang lagi ultah pasti deh menjadi santapan empuk Kyu...”
Lee      :” Ha? Yang bener Loe Yes?? Maksud Loe si Evil Kyu udah tobat?? Cyus nihh?”
Yesang     :” Gua cyus tanya aja disebelah Loe si evil Kyu.. dari si anak baru itu masuk dia gak pernah sekalipun dijahilin sama si evil Kyu kita...!!”
Kyu      :” ahh gak ahh Gua males ngerjain si anak baru itu...”
Yesang     :” Itu Lee denger sendiri kata Kyu.. tapi maksud Loe males, males gimana Kyu?palingan Gua tebak Loe  mikir bahwa si anak  baru itu adalah temen yang Loe waktu kecil iya kan? Di tambah anak baru itu pindahan dari Bogor. Kan temen masa lalu Loe itu pindah ke Bogor yang bikin kamu dulu menjadi cengeng hahahaha.. Ngaku deh Kyu...?”
Lee      :” Bener banget tu Yes pasti itu alasan utamanya seperti judul lagu wajahmu mengingatkanku hhahahaha....!!!”
Kyu      :” sialan Loe ngeledek Gua. Berhubung Gua uadah sampai didepan rumah Gua gak bakalan ngejawab pertanyaan Loe Yes... selamat menunaikan perjalanan guys bye-bye... wkwkwkwk!”
Yesang     :” sialan Loe Kyu...”
                 Di lain tempat pada sore hari Tiffani sedang menyelidiki siapa Kyu sebenarnya apakah dia memang “Hyung Kodok” nya. Tiffani mencari tau alamat rumah Kyu yang Dia peroleh dari Jessica, kemudian Tiffani membongkar barang-barang masa kecilnya mungkin saja ada info tentang “Hyung Kodok” nya. Setelah diselidiki ternyata memang benar Kyu adalah “Hyung Kodok” nya waktu kecil. Lantas Tiffani akan mencoba untuk mengingatkan Kyu bahwa Dia adalah teman masa kecilnya dulu. Malam semakin larut tapi Tiffani belum bisa tidur karena, memikirkan si Kyu yang trnyata “Hyung Kodok” nya. Hari cepat berganti saat Tiffani terbangun dari tempat tidurnya hari sudah pagi lantas Tiffani pun bergegas untuk pergi kesekolah. Dipintu gerbang sekolah Dia bertemu dengan Kyu Tiffani menyapa Kyu dengan memangil Hyung Kodok berharap bahwa Kyu akan ingat dirinya.
Tiffani    :” Pagi Hyung Kodok baru berangkat nihh...”
Kyu          :” Ha... Hyung Kodokk..? enak aja Loe ngganti nama orang seenakya.”
Tiffani    :” Emang gak boleh? Hyung Kodok ku.. hahahaha!!! (ucap Tiffani sambil berlari)”
Kyu          :” Ehhh anak Tiffani jangan lari Loe(ucap kyu sambil mengejar Tiffani)”
                 Kyu menggejar Tiffani sampai dikelas melihat kedatangan mereka teman sekelas mereka pun menjadi bingung mereka seperti sudah kenal lama. Saat Kyu berhasil menangkap tas punggung Tiffani sehinnga Tiffani tidak bisa lari lagi. Tiba-tiba Pak Kang datang ke kelas XI IPA2 untuk memberi materi pelajaran MTK.
Pak Kang :” Kyu kamu bikin ulah lagi... lepaskan Tiffani kasihan Dia. Pagi-pagi gini sudah bikin ribut bahkan Bapak belum mengucapkan selamat pagi kamu sedah bikin ulah...”
Kyu          :” ehh Bapak jangan slah paham tadi di tasnya Tiffani ada serangganya Pak. Jadi, niat saya mau membantu Tiffani menangkap serannga yang ada di tas nya Tiffani Pak. Iya kan Tiffani.”
Tiffani    :” Iya kok Pak...”
Pak Kang :” Ohh kalau seperti itu silakan Kalian berdua duduk.
Tiffani    :” Trimakasih pak..”
Pak Kang :” Nah sekarang saya akan membentuk kelompok untuk menjawab soal-soal yang akan saya berikan masing-masing soal berjumlah 200 soal saya akan kasih Kalian waktu selama 1 minggu untuk mengerjakanya. Kelompok sudah saya bentuk kalian istirahat nanti bisa ke papan pengumuman untuk melihatnya.”
                 Bel istirahat pun berbunyi murid-murid segera melihat papan pengumuman itu termasuk Tiffani. Ternyata Tiffani sekelompok dengan Jessica, Kyu dan Yesang. Tiffani merasa senang dengan hal itu. Itu berarti Dia bisa mengingatkan ke Kyu bahwa Dia adalah teman masa kecilnya. Lantas Tifffani dan Jessica pergi kekantin mencari Kyu dan Yesang.
Tiffani    :” Jessica kita ke kantin yuuk aku laper dikantin pasti ada Kyu  sekalian kita  diskusi tentang MTK kita kan 1 kelompok dengan Yesang and Kyu diskusi MTK.”
Jessica    :” oke pasti si Evil Kyu and Yesang ada disana itu kan tempat favorit mereka.. Ayo cekidott GPL.(mereka berdua pun pergi kekantin)”
                 Tiffani dan Jessica pun pergi kekantin dan benar disana ada “Hyung Kodok” dan Yesang, termasuk juga Lee ada disana. Dengan hati-hati Tiffani dan Jessica mengagetkan Kyu dan teman-teman nya.
Tiffani    :” Jes itu si Hyung Kodok ada disana (menunjuk kearah Kyu) ayo kita kagetkan mereka....”
Jessica    :” ha...? Hyung kodok maksud Loe Ni?”
Tiffani    :” emm gak papa maksud Aku Ayo kita kagetkan mereka... huustt...”
                 Tiffani dan Jessica berhasil mengagetkan Kyu dan teman-temanya. Setelah kejadian itu, mereka mulai mendiskusikan tentang dimana mereka akan kerja kelompok MTK. Dan hasil kesepatanya, mereka akan kerja kelompok di rumah Tiffani. Karena, rumah Tifani yang strategis. Di hari yang sudah ditentukan merekapun pergi kerumah Tiffani. Mereka sampai di depan rumah Tiffani. Di dalam rumah, Tiffani memajang foto masa kecilnya. Dengan harapan Kyu akan mengetahui bahwa Tiffani adalah teman masa kecilnya. Sesampainya dirumah Tiffani merekapun langsung belajar kelompok.
Jessica    :” Ehh Tiffani kita beruntung banget ya dapat 1 kelompok dengan si jenius Kyu ini..”
Tiffani    :” Heem bener benget kita bisa 1 kelompok dengan Hyung Kodok ku..”
Kyu          :” Apaan si Loe manggil Gua hyung Kodok...!! emang Gua mirip Kodok..”
Tiffani    :” ada dehh rahasia masa kamu gak tau siapa aku sebenarya... dah lupa yaa..? Hyung Kodok ku..???”
Yesang     :” ehh husst diam.. gua lagi mikir nih buat jawaban soal no. 24. Loe berdua berisik aja dari tadi...!”
Kyu          :” hahaha emang Loe bisa mikir Yes?”
Yesang     :” bisa donkk emang Loe bisanya mikir buat ngejailin teman doankk. Walaupun Loe pinter hitung-hitungan. tapi, gak sebanding dengan kejahilan Loe... wkwkwk..”
Tiffani    :” eh eh eh kok jadi Loe dan Kyu yag Ribut.. udah deh sirius nih jangan ribut fokus nihh ke MTK.”
Kyu          :” Udah deh soal MTK, kan ada Gua biar Gua yang kerjain..”
Tiffani    :” bener tuh kata Hyung Kodok... heheheh Oh ya Gua mau ngambil makanan didapur..”
                 Tiffani pun pergi ka dapur untuk mengambil makanan. Namun karena Tak sabar Kyu menghampiri Tiffani yang sedang mengambil makanan di dapur. Namun saat Kyu sampai di dapur Tiffani tidak disana. Kyu memutuskan untuk kembali ke ruang tamu, siapa tau Tiffani sudah ada disana dan membawa cemilan. Saat perjalanan Kyu ke ruang tamu Kyu melihat foto anak kecil yang tak salah lagi foto itu adalah sahabat yang sangat ia sayangi.
Kyu      :” haa bukankah itu foto sahabat masa kecilku dulu.. kenapa ada disini jangan-jangan... oh tidak mungkin.”
                 Kyu melanjutkan perjalanan ke ruang tamu tempat ia dan teman-temanya sedang kerja kelompok. Dalam perjalanan ke ruangtamu akhirnya, Kyu ingat dengan kata yang selalu di ucapkan Tiffani yaitu Hyung Kodok. Itu adalah kata yang selalu di ucapkan sahabat kecilnya dulu saat memanggil Dirinya. Saat Kyu sampai disana ternyata Tiffani sudah ada disana.
Yesang     :” Kyu dari mana saja kamu lama sekali...”
Jessica    :” ia katanya mau menyusul Tiffani ke dapur lama amat Loe..”
Tiffani    :” ohh tadi kamu ke dapur Hyung Kodok ku.. sorry, tadi aku ke toilet makanya tadi aku gak ada di dapur..”
Kyu          :” hmm ia... and Aku udah tau siapa sebenernya kamu..”
Yesang     :” maksud Loe apaan Kyu... udah tau siapa sebenernya Tiffani maksud Loe apa Kyu..? jangan-jangan Tiffani adalah temen masa lalu Loe yang itu ya Kyu?”
Jessica    :” ohh jadi, Tiffani temen masa lalu Loe Kyu pantesan aja Loe gak ngerjailin dia pas dia baru masuk ke kelas kita..”
 Kyu         :” Gua juga gak tau bahwa Tifani adalah temen masa lalu Gua.. Gua aja baru tau gara-gara kata yang selalu di sebut Tiffani yaitu Hyung Kodok dan ditambah tadi, Gua lihat ada foto anak kecil yang mukanya mirip temen kecil Gua.. Ternata Loe temen Gua waktu Gua kecil pantesan Gua nggak asing sama kamu Tiffani...”
Tiffani    :” Akhirnya Hyung Kodok Ku ingat juga siapa aka sebenarnya.. hehehe”
Jessica    :” ohh jadi, panggilan temen kecil Loe manggilnya Hyung Kodok.. hahahaha lucu banget.”
Yesang     :” ia lohh lucu Hyung Kodok. Gua mau manggil Kyu Hyung Kodok ajah ahh..”
Kyu          :” Enak aja.. panggilan itu Khusus buat Tiffani temen masa kecilku.. Loe nggak kedaftar Yes.. wkwkwk”
Tiffani    :” ia... yesang kamu kan bukan temen masa lalunya Hyung Kodok ku.. ehh tapi Hyung Kodok ku mendapat banyak julukan ya.. hahahaha”
Yesang     :” ia dari Evil magnae, si jenius dan yang terakhir Hyung Kodok”
Jessica    :” betul banget itu Yes..”
                 Akhirnya Kyu bertemu dengan teman masa lalunya yaitu Tiffani dan Tiffani pun bertemu dengan teman masa lalunya yaitu Kyu si Hyung Kodoknya. Semuanya berakhir dengan senangg apalagi Tugas MTK yang dikasih pak Kang untuk menggarap soal yang mendapat nilai terbagus adalah kelompok Kyu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAPA MABA