LKMM-TPD Oleh Hima Pendidikan Matematika dan Hima Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang



Hai guys sebelumnya adakah yang sudah tau apa itu LKMM TPD? kalau belum nih aku kasih penjelasanya

LKMM TPD adalah singkatan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan dasar manajemen, memberikan pengetahuan dan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari satu prodi atau prodi lain, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh himpunan mahasiswa di tiap prodi.

LKMM TPD yang di adakan oleh himatika dan himafi ini mengusung tema "Membentuk Generasi Muda Berjiwa Pemimpin yang Unggul, Kreatif, Inovatif, Berintegritas dan Berkarkter. Dalam kegiatan ini dilakukan secara daring dan berlangsung selama 2 hari dengan jam, dresscode serta materi yang sudah di tentukan.

Setiap materi disampaikan oleh pemateri yang berbeda - beda secara bertahap dalam 2 hari berikut adalah materi yang disampaikan dan penjelasanya

1. Materi pertama adalah pentingnya sifat berpikir kritis dan berpikir konstruktif yang dibawakan oleh Bapak Irkham ulil albab, materi tersebut bertujuan untuk melatih kita dalam berpikir kritis baik dalam kehidupan sehari maupun dalam berorganisasi. Berpikir konstruktif tidak bisa di munculkan begitu saja harus dilatih terlebih dahulu sedangkan berfikir kritis

2. Manajemen Aksi manajemen aksi merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengatur suatu massa aksi agar tetap terkoordinir dan sesuai dengan rencana dan target awal hingga mencapai hasil yang diinginkan. Dalam materi ini mahasiswa di berikan tugas untuk membuat video orasi yang sesuai dengan tema LKMM TPD.

3. keterampilan berkomunikasi oleh Agnita Siska Pramasdyahsari, M. Pd., M.Sc. dalam ketersmpilan berkomunikasi itu ada dua tipe yang pertama pendengar yang baik dan yang ke dua pembicara yang baik. Menyimak aktif adalah kegiatan mendengarkan lambing – lambing lisan dengan penuh perhatian, pemahaman dan apresiasi serta menangkap apa yang disampaikan dengan baik, tujuan dalam menyimak aktif adalah sebagai pembelajaran dapat mengomunikasikan ide – ide atau gagasan yang dapat disampaikan dengan baik, teknik menyimak dalam forum dibagi menjadi empat yang pertama teknik menirukan, teknik informasi beranting, teknik parafase/ retell, teknik simak libat cakap. Manfaat menyimak aktif adalah dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman, meningkatkan intelektualitas, memperkaya kosakata, memperluas wawasan, meningkatkan penghayatan hidup, serta membina sifat terbuka dan objectif, meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, menumbuhkan sifat apresiasif dan menghargai karya atau pendapat orang lain.

4. Pengenalan diri dan pengembangan diri  oleh Dwi Nuvitalia. Yang pertama kali di sampaikan mengenai Penjabaran kata AKU Ambisi adalah cita – cita yang ingin dicapai, Kenyataan adalah pada diri seseorang yang dapat menjadi faktor pendukung dan penghambat terhadap sebuah ambisi, Usaha merupakan suatu kegiatan yang Anda lakukan untuk mencapai ambisi atau keinginan Anda. Cara memahami diri sendiri ada tiga cara yaitu fisik & psikis, kelebihan & kekurangan, lalu yang ketiga adalah membuat rencana. Klasifikasi potensi ada 3 yaitu kemampuan diri, sikap kerja, kepribadian. Kemampuan diri berhubungan dengan tingkat intelegensi,kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap, sikap kerja berhubungan dengan ketekunan, ketelitian, tempo kerja dan daya tahan terhadap stress, kepribadian berhubungan dengan ketulusan, kelincahan, dan kecerdasan emosi.

5. persidangan yang dibawakan oleh Bayu Krisna. Sidang adalah pertemuan, rapat atau musyawarah untuk membahas masalah. Sidang dibagi beberapa yaitu siding pleno, sidang paripurna, sidang komisi. Sidang pleno diikuti oleh seluruh peserta dan pratinjau permusyawaratan, dipimpin oleh presidium siding, dipandu oleh steering commite, membahas dan memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan permusyawaratan. Sidang paripurna diikuti oleh seluruh peserta dan peninjau permusyawaratan, dipimpin oleh presiden sidang, mengesahkan segala ketetapan dan keputusan yang berhubungan dengan permusyawaratan. Sidang komisi diikuti oleh anggota masing – masing komisi, anggota masing – masing komisi adalah peserta dan peninjau yang ditentukan oleh sidang pleno, dipimpin oleh seorang pimpinan dibantu seorang sekretaris sidang komisi tersebut.

6. Materi yang terakhir adalah Kelegeslatifan yang disampaikan oleh Irgi Fahrozi S. Pd., materi ini menjelaskan mengenai pemerintahan yang ada di dalam Universitas PGRI Semarang serta Tugas dan wewenangnya, Bentuk pemerintahan Universitas PGRI Semarang ada 3 lembaga tinggi yaitu BEM UNIVERSITAS, DPM UNIVERSITAS, LKM. BEM universitas dipimpin oleh Presiden Mahasiswa dan BEM adalah jabatan tertinggi yang ada di Universitas sedangkan DPM tugasnya adalah membentuk UU yang dibahas bersama presiden mahasiswa, mengawasi proker lemawa ormawa, dan LKM memiliki tugas dan wewenang untuk mengatur keuangan mahasiswa serta membantu lemawa ormawa yang memiliki permasalahan dalam dana.

KABINET GRAVITASI

HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAPA MABA