Mading September 2018


Pada pembuatan mading dibulan september ini banyak peringatan hari-hari nasional seperti :


2 September: Hilangnya 11 hari pada bulan September 1752
Sistem penanggalan romawi pernah mengalami keanehan. Orang-orang yang berada di Inggris dan Amerika mengalami kerusuhan karena mereka tidur pada tanggal 2 September dan terbangun pada tanggal 14 September dan mengira pemerintah telah mengubah sistem penanggalan. Dikutip dari Brilio.net, ternyata memang ada kesalahan penghitungan waktu.




7 September: Pembunuhan Munir
Pembela Hak Asasi Manusia tersebut dikabarkan dibunuh pada saat dia sedang terbang menuju Amsterdam untuk melanjutkan studinya. Sumber Wikipedia mencatat, Munir dibunuh menggunakan racun arsenik yang dengan cepat menjalar ke sekujur tubuhnya.



8 September: Hari Aksara Internasional
Pada tanggal 8 September tahun 1965, PBB      menetapkan tanggal tersebut diperingati sebagai International Literacy Day atau Hari Aksara Internasional. Hari Aksara Interasional diperingati untuk meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan pendidikan bahwa masih banyak masyarakat dewasa di dunia yang buta aksara.



25 September, Hari Jadi Kota Bandung
Pada tahun 1810, Bandung Herman Willem Daendels telah meresmikan pindahnya Kota Bandung yang dipimpin oleh Bupati R.A Wiranatakusumah II. Sejak hari itu, Bandung menetapkan hari jadinya dan selalu merayakannya setiap tahun.


21 September, Hari Perdamaian Internasional
Peringatan Hari Perdamaian Internasional diperingati setiap tahunnya dan didedikasikan untuk perdamaian dunia yang menandakan berakhirnya perang dan kekerasan.



30 September, Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia
Pada malam tanggal 30 September 1965, diketahui telah terjadi penculikan dan pembunuhan tujuh perwira tinggi militer Indonesia. Peristiwa dikenal pula sebagai G30S/PKI



9 September diperingati juga sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas)
Hal ini bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan sportivitas olahraga ditanah air. Hari Olahraga Nasional 2018 ini akan diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara. pemilihan Ternate sebagai tuan rumah peringatan Haornas 2018 juga telah disampikan Kemenpora Imam Nahrawi.



17 September: Hari Palang Merah Indonesia
Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional yang berfokus pada bidang sosial kemanusiaan. PMI telah didirikan sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indiƫ (NERKAI). Setelah proklamasi kemerdekaan, Presiden Soekarno memerintahkan kepada Menteri Kesehatan, dr. Buntaran Martoatmodjo, untuk membentuk kembali Badan Palang Merah Nasional dengan ketua pertama, Drs. Mohammad Hatta.

28 September: Hari Kereta Api

Pada 28 September 1945, sekitar sebulan setelah proklamasi, saat itulah para pegawai kereta api Indonesia dapat mengambil alih Balai Besar Kereta Api Bandung dari kuasa kolonial Jepang. Dari momen itu, maka 28 September ditetapkan sebagai Hari Kereta Api Nasional di Indonesia. Hal ini sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI)

24 September: Hari Tani
Hari Tani Nasional 24 September yang seyogyanya bisa menjadi satu momentum tahunan untuk mengingat perjuangan petani dan menjadi momen untuk merancang gerak pembangunan petani. Bahkan dikalangan penggerak petanipun hari ini terlupakan. Hari Tani ada bukan untuk sekedar berhura, tapi lebih tepat dimaknai sebagai momen perubahan  tahunan, sama seperti halnya evaluasi akhir tahun sebuah perusahaan atau lembaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAPA MABA