Bincang Hangat Bersama Kaprodi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang



(Diskusi online bersama Kaprodi Pendidikan Fisika, 22 Mei 2020)

Selama dua bulan masyarakat tetap tinggal dirumah karena adanya wabah virus corona. Tak terkecuali mahasiswa yang diliburkan dan belajar dengan metode yang berbeda dari biasanya yaitu daring ( dalam jaringan). Maksud dari Dalam jaringan adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet atau pembelajaran online. Karena lebih banyak menghabiskan waktu dirumah biasanya menimbulkan rasa bosan yang berkepanjangan, apalagi ditambah dengan tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya dengan jangka waktu yang di tentukan. Hampir setiap mata kuliah memberikan tugas untuk di kerjakan dalam jangka waktu kurang lebih 1 minggu. Akan tetapi banyak di antara mahasiswa yang sering mengabaikan atau menunda- nunda untuk mengerjakan tugas dan memilih untuk bersantai dahulu atau bahasa nya adalah rebahan. Karena itu dari himafi upgris mengadakan diskusi online dengan tema “ Membangun semangat belajar mahasiswa fisika ditengah pandemi covid – 19”. Dan dengan pemateri bapak Joko Saefan, S.SI., M.SC. selaku Ka Prodi Pendidikan Fisika Upgris.

         Dalam diskusi online membahas cara - cara yang dapat menambah semangat belajar mahasiswa selama pandemi ini, seperti yang sudah di sampaikan oleh bapak joko saefan yaitu sebernarnya banyak cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan semangat belajar mahasiswa dan mengatasi kendala – kendala atau kebosanan saat pandemi

Cara yang pertama adalah dengan melakukan hal – hal kecil atau seperti rutinitas yang biasa nya dilakukan agar menghindari rasa bosan, hal kecil yang di maksud adalah dengan melakukan kegiatan sekecil apapun itu seperti menata buku – buku yang sudah tidak terpakai, membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, dan lain lain.

Cara yang kedua adalah belajar secara pelan – pelan atau perlahan, belajar secara perlahan adalah cara yang mungkin dapat meningkatkan rasa semangat untuk belajar lebih giat lagi dengan memahami apa yang di sampaikan atau materi yang diberikan oleh dosen, belajar secara perlahan namun pasti.

Cara yang ketiga adalah belajar dengan memiliki target atau tujuan, belajar tanpa arah atau tujuan tidak akan pernah efektif. Seseorang harus tahu persis apa yang menjadi tujuan belajarnya. Sebelum belajar tentukan dahulu apa yang menjadi target anda saat belajar setelah itu tentukan cara untuk memenuhi atau menggapai target tersebut.

Cara yang keempat adalah harus berfikir positif, memang tugas daring yang diberikan selama pandemic covid – 19 ini lebih memberatkan mahasiswa di bandingkan dengan tatap muka. Hal yang harus kita lakukan adalah mulai berfikir positif untuk berteman dengan tugas, pasti banyak dari mahasiswa yang belum bisa menerima tugas dengan baik tapi setidaknya mencoba dahulu, dan jadikanlah tugas sebagai motivasi belajar.

Cara yang terakhir adalah belajar dengan diselingi hiburan, ada kalanya tak perlu terlalu serius saat mengerjkaan tugas, ada kalanya kita harus sedikit melepaskan beban pikir buat diri senyaman mungkin selingi dengan memutar music sejenak atau dengan memakan makanan ringan yang kalian sukai.

Penjelasan diatas merupakan 5 cara yang dapat menambah semangat belajar mahsiswa saat pandemic covid – 19. Dan dengan adanya diskusi online ini diharapkan agar mahasiswa lebih semangat lagi untuk belajar lebih giat lagi walaupun dari rumah secara daring.





KABINET GRAVITASI
HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAPA MABA