Live In and Teaching 2019




     Jekrek Himafi - Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang dituntut menjalankan tri darma perguruan tinggi. Menjalankan masa pendidikan di kampus serta ada pengabdian masyarakat dengan mengabdikan dirinya pada masyarakat dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan.
     Begitupun dengan mahasiswa pendidikan fisika UPGRIS yang mengadakan program pengabdian masyarakat melalui program kerja dari Himpunan mahasiswa pendidikan fisika. Dalam bidang PMM (Pengabdian Mitra Masyarakat) memiliki konsep pengabdian masyarakat berupa Live in and Teaching. Dimana mahasiswa dapat menjalankan kehidupan dengan masyarakat di desa lain, selain itu ada kegiatan mengajar di sekolah.
      Live in and teaching 2019, diketuai oleh Rahmad Hariyadi dari anggota PMM. Teman-teman Himafi melakukan survey tempat untuk melaksanakan program kerja ini. Sampai akhirnya memutuskan tempat live in and teaching ini di dusun Seklotok Kelurahan Getas Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Upacara pembukaan sekaligus pelepasan mahasiswa oleh kaprodi pendidikan fisika

    Kegiatan live in and teaching ini diadakan selama 4 hari. Dalam waktu yang singkat ini kami mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Seperti memanen kopi di kebun bersama induk semang, mencari keong di sawah yang perjalanannya melewati sungai, tentu saja nuansa alam nya yang sejuk, tetapi sungainya sudah tidak jernih lagi, ada sampah yang mengotori sungai. Sampai di rumah bapak Lastari salah satu induk semang kami, di rumahnya membuat ceriping (keripik dari pisang), pangsit, dan peyek. Sedangkan di rumah bapak Darman ada yang membuat makanan tradisional cetot.
                                              membuat makanan tradisional yaitu cetot


 foto setelah kegiatan belajar mengajar di kelas 1 SDN 6 Getas

     Setelah pagi hari mengajar di sekolah malam harinya ada bimbingan belajar di basecamp. anak-anak membawa alat tulis, buku mata pelajaran dan pekerjaan rumahnya, lalu kami menjadi tutor bagi mereka. Kegiatan masyarakat Seklotok, mayoritas adalah bertani. seperti menanam padi di sawah, berkebun kopi, bahkan ada yang beternak. pada kesempatan ini, ada yang ikutan panen kopi bersama masyarakat. kopi 

Habis panen kopi di kebun

     Selayang pandang kegiatan Himafi bersama masyarakat. semoga kehadiran kami di dusun Seklotok memberikan manfaat bagi masyarakat dan kami pun mengucapkan terimakasih banyak, karena kami telah mendapatkan pengalaman yang berharga. tiada henti pengabdian oleh mahasiswa bagi masyarakat.
Hidup mahasiswa! Hidup rakyat Indonesia!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAPA MABA