HIMAFI MENGADAKAN CITIZEN JOURNALISM


Citizen journalism adalah latihan kepenulisan jurnalistik yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019 yang bertempat di ruang GD 2.14 Universitas PGRI Semarang. Pematerinya yaitu Musa Al Murtadha, founder Pawon Literasi.
Pada zaman sekarang media massa melalui internet tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap orang bisa jadi Citizen journalism. Melalui media sosial siapa saja bisa membuat opini dan membagikan informasi. Selain mendapatkan materi para peserta langsung mempraktikannya seperti membuat straight news dan menulis sosok.
Kegiatan pelatihan jurnalistik yang bertemakan kiat-kiat menembus media digital dengan kepenulisan ini bertujuan agar melatih kemmapuan menulis mahasiswa. Mahasiswa yang dapat menyalurkan idenya melalui gagasan, opini maupun menuliskan  informasi.

Latihan menulis Straight News
Contoh 1 :
Konferensi PGRI Jawa Tengah 2019 Membuka Peluan UMKM
UPGRIS menjadi tuan rumah konferensi PGRI Jawa Tengah 2019. Kegiatan yang dilkasanakan hari Jumat sampai hari Minggu pada tanggal 18-20 Oktober 2019, di Balairung Universitas PGRI Semarang. Konferensi ini membuka peluang UMKM. Terdapat 20 stand yang menjual berbagai aksesoris PGRI, obat herbal, dan jasa bekam.  Salah satu pedagang ibu Siti (40 tahun) mengatakan bahwa sudah berjualan selama 2 hari dengan omset penjualan saat ini 400 ribu. Barang yang paling dicari adalah lencana. Untuk biaya sewa stand selama 3 hari yaitu sebesar 100 ribu. Selain berjualan pada event tertentu, beliau juga mempunyai took di Tlogosari.
Kegiatan konferensi PGRI provinsi Jawa Tengah memberikan keuntungan bagi UMKM yang memberikan kemudahan bagi peserta konferensi untuk mencari barang yang dibutuhkan ataupun diperlukan.

Contoh 2:
Mahasiswa Fisika Bersama PT. Djarum  Galakan Menanam Mangrove
Penanaman mangrove dilakukan oleh mahasiswa fisika UPGRIS  bersama PT. Djarum Kudus, Sabtu (5/10).  Sebanyak 3000 bibit mangrove ditanam di kawasan pesisir Pantai Tugu, Mangkang , Semarang. Penanaman mangrove diadakan setiap tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga eksosistem pantai dan mencegah abrasi pantai.
“dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa fisika lebih peduli dengan lingkungan disekitar pantai” ujar Dini. Penyelenggara sangat berharap dengan penanamn mangrove agar dapat melindungi kawasan pantai serta menjaga hewan-hewan agar tetap lestari.
[Redaksi oleh kelompok 2]

Contoh 3:
HIMAFI Tampilkan Kreativitas di Ekspo Poema
Dalam rangka Pekan Orientasi Mahasiswa (POEMA) 2019 ysng diadakan oelh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas PGRI Semaranf salah satuya adalah ekspo Ormawa Lemawa. Kegiatan yang diadakan di halaman utama kampus 4 jalan Gajah Semarang.
Disetiap stand ekspo menampilkan ciri khas dari ormawa lemawa tersebut. Adapun stand fisika menampilkan beberapa alat peraga yang berkaitan dengan teori-teori fisika seperti, generator van de graff, sensor pH meter, sensor suhu, energi terbarukan dari panel surya, kincir angina dan robotik. Menariknya alat-alat tersebut dirangkai oleh mahasiswa fisika dalam program kerja elektrik sensor. Pengunjung stand fisika cukup banyak. Para pengunjung pun dapat mencoba alat-alat peraga tersebut.
Expo ini diadakan untuk mengenalkan berbagai ormawa dan lewama di lingkungan Universitas PGRI Semarang kepada mahasiswa baru 2019.

{Redaksi dari kelompok 3}

Latihan menulis tokoh
Contoh 1
Berbincang dengan Ketua Himafi
Komsatun adalah mahasiswi pendidikan fisika UPGRIS semester 7. Ia merantau dari kota Kudus ke Kota Semarang untuk memperoleh gelar sarjana. Ia merupakan salah satu aktivis organisasi di kampus. Organisasi yang diikutinya adalah Racana dan Himafi. Di Himafi ia diamanahi sebagai ketua umum himafi periode 2018/2019.

“Pada saat mubes XVI saya tiba-tiba dipilih oleh peseta sebagai salah satu calon ketua hima. Saya terkejut karena hasil voting menunjukan sya yang terpilih. Disitulah saya mendapatkan motivasi bahwa melakukan apa yang menjadi tanggungjawab.” Ujarnya saat diwawancarai pada acara pelatihan jurnalistik Sabtu, (19/10). 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAPA MABA